Home Cerita Dunia Tak Ada Guna Cemburu Pada Masa Lalu Pasangan, Ini 10 Cara Atasinya

Tak Ada Guna Cemburu Pada Masa Lalu Pasangan, Ini 10 Cara Atasinya

139
0
SHARE

Cerita-Dunia.com – Pernahkah kamu merasa cemburu dengan masa lalu pasangan kamu? Melihat pasangan masih berhubungan dengan mantannya, pasti membuat perasaanmu kesal.

Cemburu, selain melelahkan ternyata juga bisa berakibat fatal pada hubunganmu, lho. Oleh karena itu segera atasi rasa cemburu pada masa lalu pasanganmu dengan 10 cara berikut ini.

1. Memberitahu pasangan perihal kecemburuanmu pada masa lalunya

Sikap terbuka pada pasangan dalam sebuah hubungan itu sangat penting, terutama menyangkut rasa cemburu. Jangan gengsi untuk memberitahu pasangan perihal kecemburuanmu pada masa lalunya. Tapi ingat, rasa cemburumu harus beralasan supaya dia tidak risih padamu. Sebagai contoh, kamu pernah melihat mereka hangoutbersama tanpa sepengetahuanmu, maka alasan cemburumu sudah sangat kuat dan beralasan.

2. Jangan cemburu terlalu lama

Cemburu itu timbul karena adanya rasa sayang dan ketakutan akan pasangan yang diambil orang lain, terutama mantannya. Tapi, sebaiknya jangan membiarkan rasa cemburu mengendalikanmu terlalu lama ya, karena hanya akan membuat pasangan marah padamu. Ketika pasangan sudah memberikan penjelasan, cobalah untuk menerima penjelasan tersebut dan menerima kenyataan bahwa ada orang lain sebelum kamu yang pernah mengisi hatinya.

3. Curhat dengan teman atau keluarga mengenai rasa cemburu yang kamu rasakan

Menceritakan perasaan cemburu yang membelenggumu dengan teman atau keluarga selain bisa membuat pikiran lebih tenang juga bisa membuatmu memperoleh banyak masukan positif dan solusi dari mereka. Ceritakanlah pada mereka mengenai perasaan cemburumu dan alasannya tanpa ditutup-tutupi. Yang perlu diingat saat bercerita adalah jangan memandang permasalahan secara subjektif saja, ya.

4. Introspeksi diri

Setelah kamu berhasil mengontrol rasa cemburu saat pasangan berhubungan lagi dengan mantannya, cobalah untuk instrospeksi diri. Selidiki apa yang membuat pasanganmu melakukan hal itu dan segera memperbaikinya. Adakalanya kamu merasa mantan dia lebih cantik, lebih terkenal di sosial media dan lebih kaya yang otomatis akan membuatmu minder. Jangan pesimis, jika akhirnya mereka berpisah dan sekarang kamulah yang dia pilih, pasti ada sesuatu dalam dirimu yang tidak dia temukan pada mantannya, hal itu bisa menjadi alasan untuk kamu tidak terus-menerus cemburu padanya.

5. Membuat batasan-batasan hubungan pasangan dan mantannya

Agar hubungan pasangan dan mantannya tidak “keblablasan” yang berakhir pada Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK), kamu harus bersikap tegas dengan memberikan batasan-batasan yang telah kalian sepakati jika pasangan masih ingin berhubungan dengan mantannya. Batasan-batasan tersebut meliputi cara mereka berkomunikasi, kapan waktu yang tepat untuk mereka berkomunikasi hingga apa yang mereka komunikasikan.

6. Melakukan hal-hal positif

Saat rasa cemburu muncul cobalah untuk memikirkan lagi apa saja hal-hal yang membuat kalian saling mencintai. Jadi, kamu bisa mengingat kembali bahwa dia benar-benar mencintaimu. Selain itu, agar rasa cemburu tidak terus-menerus menghantuimu, mulailah untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang positif dan menyenangkan, seperti memperbanyak waktu bergaul dengan teman, travelling dan menekuni hobimu.

7. Jangan membandingkan-bandingkan dirimu yang berharga dengan mantan pasangannya

Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa kamu sangat berharga. Berhentilah untuk terus membanding-bandingkan diri sendiri dengan mantan pasanganmu, karena tindakan tersebut hanya akan membuat energimu habis. Tingkatkan rasa percaya dirimu sehingga kamu selalu terlihat menarik di matanya.

8. Menjadi pribadi yang selalu bersyukur

Salah satu hal yang wajib untuk kamu syukuri adalah kamu telah berhasil memenangkan hati pasanganmu ketika dia sudah putus hubungan dengan mantannya. Orang yang hidupnya seringkali mensyukuri apa yang telah dia dapatkan pasti pikirannya selalu dipenuhi energi positif. Percaya atau tidak bahwa hal itu bisa membuat pasangan selalu nyaman berada di dekatmu, lho.

9. Komunikasi

Semua permasalahan akan selesai jika dikomunikasikan dengan baik. Daripada terus curiga terhadap dia dan mantannya, lebih baik beritahu saja apa yang membuatmu cemburu, takut dan khawatir agar dia bisa memahamimu. Lalu dengarkan semua penjelasannya dan cari jalan keluar bersama. Selain bisa menyelesaikan permasalahan dalam hubungan, dengan komunikasi juga akan membuat hubungan kamu dan dia semakin harmonis.

10. Meningkatkan rasa percaya pada pasangan

Selain komunikasi, setiap pasangan juga wajib hukumnya untuk memiliki rasa saling percaya dalam sebuah hubungan. Kepercayaan pada pasangan dapat meminimalisir rasa cemburu dalam hatimu karena tidak ada lagi perasaan khawatir dia akan pergi meninggalkanmu. Hubungan kalian pun akan tetap harmonis dikarenakan dia merasa aman, nyaman dan bahagia denganmu.

Nah, itulah 10 cara menghadapi perasaan cemburu yang kerap kali muncul saat pasanganmu dekat dengan mantannya. Mulai sekarang buang jauh-jauh rasa cemburumu itu, deh. Jangan lupa untuk selalu mengingat bahwa kamulah seseorang yang telah dia pilih untuk menjadi pasangannya. Good luck, girls!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here