Home Cerita Dunia Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China

Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China

159
0
SHARE

Cerita-Dunia.com – Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis & orang terkenal yg hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, pembawa acara bertanya kepadanya, “Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, & apa yg kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu? Berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah? Besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yg kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, & orang terkenal yg hadir.


Saat ini juga ada ratusan juta orang yg sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!” Zhang Da pun terdiam & tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, “Sebut saja, mereka bisa membantumu. “Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar ia pun menjawab, “Aku mau IBU kembali. IBU kembalilah ke rumah, aku bisa membantu AYAH, aku bisa cari makan sendiri, IBU kembalilah!” Semua yg hadir pun spontan menitikkan air mata karena terharu.

Tidak ada yg menyangka akan apa yg keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan Ayahnya, mengapa ia tidak minta deposito yg cukup untuk meringankan hidupnya & sedikit bekal untuk masa depannya?
Mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, pasti semua akan membantunya.


Mungkin apa yg dimintanya, itulah yg paling utama bagi dirinya. Aku mau IBU kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia & Ayahnya.

Kisah di atas bukan saja mengharukan namun juga menimbulkan kekaguman. Seorang anak berusia 10 tahun dapat menjalankan tanggung jawab yg berat selama 5 tahun. Kesulitan hidup telah menempa anak tersebut menjadi sosok anak yg tangguh & pantang menyerah.  Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here