Home Info Sehat 7 Gejala Kanker Melanoma yang Jadi Penyebab Menantu Hatta Rajasa Meninggal Dunia

7 Gejala Kanker Melanoma yang Jadi Penyebab Menantu Hatta Rajasa Meninggal Dunia

155
0
SHARE

Cerita-Dunia.com – Menantu Hatta Rajasa, Adara Taista dikabarkan meninggal dunia akibat kanker melanoma. Penyakit ini tak jarang menyerang manusia dan harus diwaspadai gejalanya.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit terganas yang jelas terlihat di bagian luar tubuh. Salah satu tanda yang mudah dikenali pada awalnya yakni adanya tahi lalat di sekitaran kulit, yang membuat Anda harus waspada.

Tak cukup itu, pasien juga sering mengalami ruam, cacat atau lesi. Dalam kasus melanoma lanjut, gejalanya termasuk nyeri, sakit kepala dan gejala lain yang tidak terlihat pada kulit. Tetapi pada saat itu Anda menyadari penyakit Anda mungkin memiliki tumor besar, luka atau luka pada kulit.

Lewat artikel ini, Anda harus tahu beragam gejala kanker melanoma seperti yang dialami oleh istri Rasyid Rajasa. Gejala tersebut tak hanya muncul di kulit, tapi juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Senin (21/5/2018).

1. Benjolan di bawah kulit Anda 

Anda tidak dapat melihat gumpalan ini, tetapi Anda dapat merasakannya. Benjolan ini dapat tumbuh di sekitar area seperti selangkangan, ketiak atau leher. Ini bisa menjadi indikasi bahwa kanker kulit telah menyebar ke kelenjar getah bening.

2. Sering sakit perut

Selain kelenjar getah bening, melanoma dapat menyebar ke hati. Jika itu terjadi, Anda akan merasakan sakit di kuadran kanan atas perut. Maka, waspadailan dan segera cek ke dokter.

Sakit perut

3. Kena masalah pernapasan

Kanker melanoma juga bisa menyebar ke paru-paru. Jika masuk ke paru-paru, Anda akan mengalami sesak napas atau batuk terus-menerus. Ini adalah salah satu gejala kanker kulit yang perlu Anda ketahui.

4. Nyeri sendi

Sel kanker ini mudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening, paru-paru dan hati. Di saat penyebaran berlangsung, seseorang mengalami masalah radang sendi berlebihan. Tanda-tandanya yakni Anda merasakan nyeri sendi, tapi samar sekali dengan gejala penyakit lainnya.

5. Penglihatan kabur

Melanosit, yang merupakan sel penghasil pigmen, ditemukan di kulit dan bisa ditemukan di mata dan bagian lain dari tubuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, kanker primer muncul di lokasi ini, sehingga dampaknya pasien sering mengeluh penglihatan yang tidak normal.

6. Kram

Melanoma juga dapat menimbulkan gejala kram yang bisa menyerang usus, sehingga melanosit menyebar ke bagian sistem pencernaan Anda. Dia dapat besembunyi dan gejalanya seperti diare, perut mulas, rasa melilit di daerah usus tak terhindarkan.

7. Sakit kepala

Seperti mata dan usus, otak juga mengandung melanosit. Jadi ada kemungkinan melanoma tersembunyi di sana. Beberapa gejala yang mungkin dapat terjadi adalah sakit kepala, kejang atau masalah kognitif. Ini adalah salah satu gejala kanker kulit yang tersembunyi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here